PELATIHAN KHUSUS
“KOMUNIKASI EFEKTIF DAN EDUKASI”
Komunikasi efektif dan edukasi adalah pertukaran informasi, ide, perasaan yang menghasilkan perubahan sikap sehingga terjalin sebuah hubungan baik antara pemberi pesan (komunikator) dan penerima pesan (komunikan). Kemudian pengukuran efektivitas dari suatu proses komunikasi dapat dilihat dari tercapainya tujuan si pengirim pesan. Saat ini Standar Keselamatan Pasien dan Standar Manajemen Komunikasi dan Edukasi mensyaratkan pelatihan komunikasi efektif antar Profesional Pemberi Asuhan (PPA). Komunikasi dapat dilakukan secara verbal dan tertulis, demikian pula dengan komunikasi yang dilakukan dengan bahasa tubuh, perilaku, dan nada bicara.
Komunikasi efektif dan edukasi diantara petugas kesehatan merupakan hal penting untuk keselamatan pasien, khususnya saat transisi pelayanan perawatan pasien dari satu unit ke unit lain di rumah sakit. Informasi yang disampaikan harus akurat sehingga kesinambungan asuhan keperawatan dapat berjalan dengan sempurna. Sehingga pentingnya peningkatkan komunikasi ekeftif dan edukasi merupakan Sasaran yang kedua dari 6 (enam) Sasaran Keselamatan Pasien.
MATERI
- Overview Manajemen Komunikasi & Edukasi
- Elemen Utama Komunikasi Efektif
- Komunikasi Efektif dengan Masyarakat
- Komunikasi Efektif saat Pendaftaran Rawat Inap
- Komunikasi Efektif antar Profesional Pemberi Asuhan
- Komunikasi Efektif saat Asesmen Pasien
- Komunikasi Efektif saat Handover
- Komunikasi Efektif saat Treatment
- Komunikasi Efektif saat Discharge
Baca Juga : Pelatihan Sasaran Keselamatan Pasien – Media Diklat Center
JADWAL PELATIHAN TAHUN 2025
NO | JANUARI | FEBRUARI | MARET | APRIL | MEI | JUNI |
I | 07 – 09 | 04 – 06 | 04 – 06 | 09 – 11 | 06 – 08 | 02 – 04 |
II | 14 – 16 | 11 – 13 | 11 – 13 | 15 – 17 | 14 – 16 | 10 – 12 |
III | 21 – 23 | 18 – 20 | 18 – 20 | 22 – 24 | 20 – 22 | 917 – 19 |
IV | 25 – 27 | 25 – 27 | 28 – 30 | 27 – 29 | 24 – 26 |
NO | JULI | AGUSTUS | SEPTEMBER | OKTOBER | NOVEMBER | DESEMBER |
I | 01 – 03 | 05 – 07 | 02 – 04 | 07 – 09 | 04 – 06 | 02 – 04 |
II | 08 – 10 | 12 – 14 | 09 – 11 | 14 – 16 | 11 – 13 | 09 – 11 |
III | 15 – 17 | 19 – 21 | 16 – 18 | 21 – 23 | 18 – 20 | 16 – 18 |
IV | 22 – 24 | 26 – 28 | 23 – 25 | 28 – 30 | 25 – 27 |
BIAYA DAN FASILITAS
INFORMASI LAIN
Bagi 3 pendaftar pertama ada Cashback Spesial dan pendaftaran kelompok minimal 5 orang dengan Harga Spesial. Batas konfirmasi 3 hari sebelum pelatihan, pembayaran dapat melalui :
Di Transfer Melalui Bank Mandiri a.n. CV. Media Diklat Center No. Rek : 137-00-2137253-3 atau dapat dibayar langsung pada saat registrasi.
Brosur dan informasi lebih lanjut dapat menghubungi :
Whatsapp : 0882-0076-32999
Email : mediadiklatcenter@gmail.com
Daftarkan segera dengan Harga Spesial untuk pendaftar pertama periode tahun ini!